Sejarah yang di catat Wales pada Piala Eropa

Sejarah yang di catat Wales pada Piala Eropa

Sejarah yang di catat Wales pada Piala Eropa, Wales mengukir sejarah dengan meraih kemenangan pertamanya pada putaran final Piala Eropa. Tim beralias Sang Naga menekuk Slovakia 2-1 di Bordeaux, Sabtu (11/6/2016).

Dua gol Wales berasal dari sumbangan bintang mereka, Gareth Bale (menit ke-10), dan pemain pengganti, Hal Robson-Kanu (81′). Kedua torehan Wales mengapit gol semata wayang Slovakia yang dicetak Ondrej Duda (61′).

Gol pertama dari Bale lahir lewat eksekusi tendangan bebas cantik berjarak 23 meter di depan gawang musuh. Setelah ditendang, bola tampak mengarah ke sisi kiri gawang, tapi lantas berubah arah menuju area tengah dan mengecoh kiper lawan.

Gol itu seperti deja vu bagi Bale karena mengulangi kejadian nyaris 10 tahun silam. Pada Oktober 2006, Bale mencetak gol perdananya bagi timnas Wales dalam duel Kualifikasi Piala Eropa 2008.

Prosesnya juga melalui tendangan bebas ke gawang rival yang sama, Slovakia.

Sebelum gol Bale tercipta, Slovakia mendapat peluang emas mencetak gol cepat via aksi gelandang Marek Hamsik di menit ke-3. Usai mengecoh 3-4 pemain Wales, Hamsik melepas tembakan ke area kosong yang hanya digagalkan oleh sapuan sempurna bek Ben Davies.

Upaya tersebut adalah 1 dari 4 tembakan Slovakia yang diblok pemain Wales pada babak pertama. Arus serangan Hamsik cs lebih deras menjelang turun minum, tapi tetap tak membuahkan gol karena lini belakang Wales bermain sangat rapat.

Memasuki babak kedua, serangan Slovakia lebih terpola dan berani.  Mereka mendominasi permainan dan butuh jasa sang pengganti super, Duda, buat menyamakan skor.

Hanya semenit usai masuk menggantikan Patrik Hrosovsky, bola sepakan mendatar Duda menggetarkan jala gawang kawalan Danny Ward (61′).

Gol itu tercipta berkat upaya sayap Robert Mak yang melakukan tusukan ke area pertahanan Wales, lalu menyodorkan umpan matang bagi Duda.

Sejarah yang di catat Wales pada Piala Eropa

 Setelah skor sama kuat, Slovakia semakin berani menyerang. Pasukan asuhan Jan Kozak mencatat 4 peluang lagi, termasuk sundulan Adam Nemec yang membentur tiang (86′).Akan tetapi, Wales justru mampu memulihkan keunggulan di tengah tekanan musuh dengan mengandalkan skema serangan kilat.

Sodoran matang Aaron Ramsey mampu diteruskan Robson Kanu dengan sepakan pelan nan terarah yang mengecoh bek serta kiper musuh.

Usai laga ini, Wales akan melakoni derbi Britania Raya lawan Inggris (16/6/2016) pada partai kedua di Grup B, sedangkan Slovakia bertemu Rusia sehari sebelumnya. (Beri Bagja)