Islandia tahan Portugal dengan hasil seri di Piala Eropa

Islandia tahan Portugal dengan hasil seri di Piala Eropa

Islandia tahan Portugal dengan hasil seri di Piala Eropa, Tim debutan Piala Eropa, Islandia, membuat kejutan. Melawan Portugal yang merupakan tim favorit, Islandia bermain imbang 1-1 dalam laga penyisihan Grup F di Stade Geoffroy-Guichard, Selasa (14/6/2016).

Laga ini pun menjadi momen penting bagi Cristiano Ronaldo, karena mencatat caps ke-127. Itu artinya, Ronaldo menyamai pencapaian legenda Portugal, Luis Figo.

Sepanjang pertandingan, Portugal tampil lebih mendominasi karena Seleccao memiliki 66 persen penguasaan bola. Dalam hal peluang pun Portugal unggul karena tim arahan pelatih Fernando Santos itu memiliki 25 kali percobaan yang 10 di antaranya tepat sasaran.

Islandia yang hanya sesekali melakukan serangan ke pertahanan Portugal, memiliki empat percobaan. Meskipun demikian, semuanya on target.

Islandia tahan Portugal dengan hasil seri di Piala Eropa

Sejak awal pertandingan, Portugal memiliki banyak peluang emas. Beberapa kali kesempatan berhasil didapat Ronaldo dan Luis Nani, tetapi eksekusi yang tidak sempurna serta kesigapan kiper Islandia, Hannes Halldorsson, membuat peluang tersebut terbuang percuma.

Baru pada menit ke-31, Portugal berhasil mencetak gol pembuka melalui Nani. Pemain milik Fenerbahce itu berhasil memperdayai Halldorsson dengan satu sentuhan dengan meneruskan umpan silang mendatar dari Andre Gomes di depan gawang.

Gol Nani ini juga terbilang bersejarah. Lesatan tersebut adalah yang ke-600 pada sepanjang sejarah pergelaran Piala Eropa.

Pada awal babak kedua, Islandia tampil lebih agresif dan memiliki dua peluang tepat sasaran. Salah satu peluang tersebut berhasil menjadi gol pertama mereka sebagai debutan di Piala Eropa.

Gol pertama Islandia itu lahir melalui sepakan first time Birkir Bjarnason pada menit ke-50. Pemain berusia 28 tahun milik FC Basel itu berhasil meneruskan umpan silang dari Johann Gudmunds­son tanpa kawalan di depan gawang Portugal.

Pada menit ke-84, Portugal hampir berhasil mencetak gol kedua melalui tandukan Ronaldo di depan gawang Islandia memanfaatkan umpan Nani. Namun, lagi-lagi kesigapan Halldorsson berhasil mementahkan peluang tersebut.

Islandia juga memiliki peluang emas terakhir pada menit ke-86 melalui sepakan keras Alfredh Finnbogason. Namun, percobaan pemain milik Augsburg itu berhasil dimentahkan oleh kiper Portugal, Rui Patricio.

Kedudukan imbang 1-1 ini bertahan hingga akhir pertandingan. Hasil ini membuat Portugal dan Islandia berada di posisi kedua dan ketiga pada klasemen Grup F di bawah Hungaria yang sebelumnya sukses menang 2-0 atas Austria. (Verdi Hendrawan)